Selasa, 26 Juni 2012

Makalah Global Warming


BAB I
PENDAHULUAN

1.                                   Latar Belakang
Tidak mungkin ada yang belum mendengar kata “Global Warming”. Meskipun ada yang tidak mengetahui artinya, tapi pastinya rata-rata sudah banyak mendengarnya. “Global Warming” bukanlah sekadar sebuah kata yangsering kita dengar, tetapi merupakan sebuah masalah yang bisa berakibat fatal jika tidak ada tanggapan dari seluruh manusia dibumi ini untuk mengatasinya. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya global warming, begitu pula dampak atau akibatyang disebabkan dari global warming juga tidak sedik terit dan sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan di bumi.
Global warming atau pemanasan dapat diartikan dengan peningkatan suhu di bumi. Tetapi menurut Suryani (2010), “Global warming adalah peningkatan suhu rata-rata laut, atmosfer dan daratan bumi yang disebabkan oleh beberapa faktor penyebab.” Bagaimanapun itu global warming bukan hal yang sepele karena akibat yang ditimbulkan sangat berpengaruh bagi kehidupan. Dengan rata-rata peningkatan suhu global sejak abad ke-20 yang sebagian besar diakibatkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca (IPCC, 2001), akibat yang ditimbulkan global warming dapat berupa perubahan cuaca, naiknya garis pantai, terpengaruhnya hasil-hasilpertanian dan lain sebagainya.

1.2                         Rumusan Masalah
Global Warming adalah hal yang sudah tidak asing lagi akhir-akhir ini. Dampak-dampak yang ditimbulkan sangat berpengaruh bagi kehidupan semua makhluk di bumi ini. Penyebab-penyebab dari global warming juga perlu dipelajari agar bisa dicarikan solusi untuk mengendalikan global warming di bumi.

1.3                            Tujuan
Tujuan dari penyusunan makalah ini adalah untuk memberikan informasi mengenai global warming yang mencakup pengertian, penyebab global warming, dampak yang ditimbulkan dan solusi pengendalian global warming.

1.4                             Manfaat
Manfaat dari penyusunan makalah ini adalah untuk mengetahui informasi yang berhubungan dengan global warming seperti pengertian, penyebab, dampak dan solusi pengendaliannya.

 


BAB II
PEMBAHASAN

2.1       Pengertian Global Warming
Global Warming sudah menjadi fenomena alam yang tidak asing lagi bagi kehidupan kita sekarang ini. Sangat penting untuk memahami apa itu global warming. Menurut NASA (2010) global warming berarti peningkatan suhu permukaan rata-rata bumi yang luar biasa dalam abad-abad terakhir yang disebabkan oleh efek rumah kaca. Ada banyak penyebab terjadinya global warming, tetapi kemungkinan besar diakibatkan oleh efek gas rumah kaca. Begitu pula dampak-dampak yang diakibatkan oleh global warming, banyak yang harus diketahui.

2.2       Sebab-sebab Global Warming
Ada tiga penyebab utama dari global warming antara lain efek rumah kaca, efek umpan balik dan variasi matahari.
a.       Efek Rumah Kaca
Segala sumber energi yang terdapat di bumi berasal dari matahari. Ketika energi ini sampai di permukaan bumi, energi ini berubah dari cahaya panas yang menghangatkan bumi. Sebagian energi akan diserap, sebagian dipantulkan dan sebagian terperangkap di bumi yang akan menumpuk karbon dioksida, metana dan lain-lain. Akibatnya menaiknya suhu di permukaan bumi.
b.      Efek Umpan Balik
Pada kasus efek rumah kaca, mengakibatkan banyaknya ar yang menguap di atmosfer. Karena banyak penguapan, di atmosfer akan terjadi penumpukan CO2.
c.       Variasi Matahari
Terdapat hipotesa yang menyatakan bahwa variasi dari matahari, dengan kemungkinan diperkuat oleh umpan balik dari awan, dapat memberi kontribusi dalam pemansan saat ini.
2.3       Dampak Global Warming
            Beberapa dampak yang diakibatkan global warming sebagai berikut :
a.       Iklim Tidak Stabil
Terjadinya kenaikan suhu di permukaan bumi mengakibatkan air lebih cepat menguap sehingga banyak daerah yang cepat mengering. Dan topan badai dapat mendapat kekuatan dari penguapan air. Es dan salju di kutub akan cepat mencair.
b.      Peningkatan Permukaan Air Laut
Kenaikan suhu mengakibatkan es dan salju di kutub akan cepat mencair. Hal ini akan menambah volume air di bumi yang mengakibatkan air akan semakin naik ketinggiannya.
c.       Hewan dan Tumbuhan
Hewan dan tumbuhan akan sulit beradaptasi dengan cuaca yang tidak stabil dan mereka akan semakin kesulitan karena lahan yang semakin dikuasai oleh manusia.
d.      Kesehatan
Peningkatan suhu akan membuat banyak penyakit tropis semakin menyebar luas ke daerah lain karena daerah-daerah lain akan menjadi lebih hangat.

2.4       Solusi Pengendalian Pemanasan Global
Berikut ini adalah solusi pengendalian pemanasan global :
a.       Hemat pemakaian listrik
b.      Hemat pemakaian air
c.       Memanfaatkan sumber energi dari alam
Misalnya dengan memanfaatkan energi surya, jika membangun rumah menggunakan pencahayaan alami dan banyak membuat ventilasi.
d.      Reuse (gunakan kembali)
e.       Reduce (berhemat)
f.       Recycle (mendaur ulang)
g.      Menghijaukan lingkungan (go green)
h.      Efisiensi penggunaan kendaraan bermotor
Dengan melakukan efisiensi penggunaan kendaraan bermotor maka akan menghemat sumber daya alam khusunya BBM untuk mengurangi emisi gas karbon.




BAB III
PENUTUP

3.1       Kesimpulan
            Global warming adalah fenomena alam yang tidak terjadi dengan sendirinya. Tetapi faktor manusia juga merupakan sebab yang tidak bisa dihindarkan lagi. Fenomena ini juga merupakan fenomena yang sangat fatal akibatnya karena jika tidak ada usaha dari diri kita sendiri maka kehidupan kita akan terancam. Oleh sebab itu dari solusi yang ada semuanya harus dilakukan atas dasar kesadaran manusia sebagai penghuni bumi ini.

3.2       Saran
            Global warming dapat diatasi dengan adanya kesadaran masing-masing manusia di bumi utnuk menjaga keseimbangan alam di bumi ini. Juga yang paling penting adalah menjaga kelestarian alam di bumi ini.


Sumber :
http://www.g-excess.com. 2011. “Pengertian Pemanasan Global atau Global Warming,” dalam G-Excess. Diunduh Jumat, 2 Desember 2011.
Riebeek, Holli. 2010. “Global Warming,” dalam NASA Earth Observatory. http://earthobservatory.nasa.gov. Diunduh Minggu, 27 Mei 2012.
Setiawan, Cawi. 2009. “1001 Cara Untuk Mengatasi Pemanasan Global Dapat Dimulai dari Rumah,” dalam Kompasiana. http://edukasi.kompasiana.com. Diunduh Jumat, 2 Desember 2011.


1 komentar:

  1. saya sering berkunjung di blog-blog, postingan ini sangat menarik serta enak dibaca.... saya berharap bisa berkunjung lagi

    BalasHapus